Binaan IbW Borobudur

Tim IbW Kecamatan Borobudur, Magelang Jawa Tengah bertujuan untuk mendampingi program-program pembangunan desa wisata di Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Magelang.  Adapun maksud diadakannya pendampingan diantaranya adalah untuk meningkatkan status desa binaan wisata menjadi desa wisata Wanurejo.  Kata ketua tim IbW Borobudur di Wanurejo Ir. Setyo Utomo,MP., bahwa tujuan lain dari kegiatan ini adalah terjadinya pemerataan penghasilan bagi masyarakat sekitar candi Borobudur, sehingga eksistensi Candi bisa mensejahterakan masyarakat tidak hanya untk pengelola wisata saja namun bisa merambah ke seluruh desa yang ada disekitar Candi Borobudur.

Desa Wanurejo merupakan desa yang memiliki candi Pawon dengan sendratari khusus yang disebut sendratari Kinara Kinari.  Elemen masyarakat Wanurejo bahu mebahu dengan tim IbW Borobudur (UMB Yogya dengan UMM) bertekad menggali potenis wilayah Wanurejo baik potensi sda, potensi kesenian, tradisi/budaya, makanan tradisional untuk bisa mendukung Wanurejo sebagai desa wisata yang handal.

Pada tahun 2012 ini, pelaksanaan IbW borobudur memasuki tahun ke 3 dari tiga tahun skim direncanakan (tahun terakhir) dengan program andalan realisasi KUB (kelompok usaha bersama) untuk mendukung pemasaran IRT makanan tradisional yang sudah berkembang dengan pendamping IbW secara terus menerus dari pelatihan ketrampilan, proses produksi, packing/labeling hingga pemasarannya. Program unggulan lain adalah pemanfaatan lahan-lahan kurang produktif untuk penanaman ketelapohon sampai ke pengolahan menjadi produk bahan pembuat roti pengganti terigu yang disebut MOCAF (modified Cassava Flour) serta peningkatan produksi pertanian dan peternakan dan kebersihan lingkungan dengan pengelolaan sampah mandiri.

Mohon doa restu, agar pelaksanaan IbW borobudur dapat bermanfaat.

Bagi teman-teman dosen dan pembaca semuanya yang membutuhkan contoh-contoh proposal PPM, kami memiliki beberapa yang sudah disetujui yaitu Ib dan IbW (Setyo Utomo, Peternakan UMB Yogya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *